Thursday, April 25, 2024

Tugas Modul 1.2 Jurnal Reflektif Dwimingguan

 

Tugas Modul 1.2. Jurnal Refleksi Dwimingguan

Perkenankan saya, Adfal Pradigdo, CGP Angkatan 10 dari SDN Gawan 1, Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen. IJinkan saya berbagi pengalaman melalui jurnal dwi mingguan ini. Jurnal refleksi dwi mingguan ini dibuat setiap dua minggu dan digunakan sebagai sarana refleksi CGP selama mempelajari sebuah modul. Pemaparan jurnal kali ini, saya akan membagikan pengalaman saya selama proses mempelajari modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak.

 

Dalam penulisan jurnal dwi mingguan ini, saya menggunakan model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway.

Tidak terasa, saya telah menyelesaikan modul 1.1 tentang filosofi pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara pada 2 April 2024. Dengan demikian, kegiatan pembelajaran CGP memasuki modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak. Banyak pengalaman dan berharga yang saya dapatkan selama mempelajari modul 1.2 ini.

Kegiatan pada modul 1.2 adalah dengan mengikuti:

  1. Eksplorasi Konsep - Forum Diskusi
  2. Ruang Kolaborasi - vicon sesi 1
  3. Ruang Kolaborasi - vicon sesi 2
  4. Elaborasi Pemahaman – vicon

Sebagai ganti dari kegiatan Daftar Hadir untuk setiap aktivitas.

Kemudian mengerjakan TUGAS MODUL 1.2.a.3 Mulai Dari Diri

Menuliskan Perilaku Prilaku positif dan negatif yang selanjutnya kita publikasikan kedalam blog pribadi saya tentang “SEPUTAR PENDIDIKAN” link untuk melihat tugas saya sebagai berikut https://suwatuinfo.blogspot.com/2024/04/tugas-modul-12a3-mulai-dari-diri.html

Kegiatan selanjutnya kita mengerjakan tugas 1.2.a.4. Eksplorasi Konsep - Modul 1.2

Kegiatan ini bertujuan:

  1. CGP mengetahui hubungan antara emosi, cara kerja otak, kebutuhan dasar manusia, daya untuk memilih, motivasi intrinsik, dan struktur sistemik lingkungan dalam pembentukan nilai-nilai dalam diri seseorang
  2. CGP menjelaskan makna Profil Pelajar Pancasila dalam transformasi pendidikan.
  3. CGP menjelaskan makna nilai-nilai yang perlu dikembangkan guru penggerak.
  4. CGP menjelaskan makna peran guru penggerak dalam transformasi pendidikan.
  5. CGP mengetahui bahwa keteladanan dan sistem pembiasaan yang konsisten di suatu lingkungan mempengaruhi penumbuhan nilai-nilai dalam diri seseorang.
  6. CGP mengelaborasi makna pemimpin pembelajaran di sekolahnya masing-masing.

Tugas Selanjutnya 1.2.a.5. Ruang Kolaborasi Modul 1.2 - Diskusi Mandiri kita dibagi menjadi 3 kelompok, yang tugasnya berbeda-beda. Tugas setiap kelompok memprensentasikan, menanggapi dan bertanya. Setelah selesai direfleksi oleh Fasilitator kita yaitu Ibu Lastri. SElanjutnya mengupload tugas 1.2.a.5.2 yang sudah direvisi di LMS tugas kita simpan di link https://drive.google.com/file/d/1PK6Ti0wRWeCkb0t7AjI5LSJOJBSbbMbF/view?usp=drive_link

1.2.a.6. Demonstrasi Konstektual - Modul 1.2

Kita kerjakan tepat waktu pada tanggal 24 April 2024 dengan mengupload link You Tube saya pribadi pada link

https://youtu.be/dp6BgYoM1mw?si=4RTC1VYLl6M1ZGTF

Pada hari selasa tanggal 23 April 2024 kita melakukan tugas1.2.a.7.1. Elaborasi Pemahaman - Modul 1.2 pada Forum diskusi virtual bersama Instruktur Bapak Suhada dari Jawa Barat

Kemudian kita melakukan aksi nyata dan menuliskan kegiatan pada jurnal refleksi Dwimingguan

Demikian kegiatan saya pada modul 1.2 Mohon dukungan do’anya semoga saya dapat menyelesaikan kegiatan ini sampai lulus. Terimakasaih

No comments:

Post a Comment