Tuesday, August 4, 2020

Kelas 6 Tema 1 Sub Tema 3 Mupel Matematika Materi Bilangan Bulat

Kelas 6 Tema 1 Sub Tema 3 Mupel Matematika Bilangan Bulat

Pembelajaran interaktif Kelas 6 Tema 1 Mupel Matematika Bilangan Bulat
Pembelajaran yang kami susun meliputi:

1. Video pembelajaran
2. Download Soal



Pembelajaran ini kami gunakan  untuk menghadapi wabah covid 19 yang belum terkendali. 
Kementerian Pendidikan Indonesia menyarankan pembelajaran dilakukan secara PJJ atau daring.

Pembelajaran ini dapat dilakukan dengan cara melihat video yang telah disematkan pada tautan.
Video dapat dipause atau diplay sesuai kebutuhan. 
Setelah melihat video tersebut, anak didik mengerjakan soal pada tautan yang telah disematkan. 
Jawaban ditulis di kertas kemudian dikumpulkan kepada guru sesuai kesepakatan.
Untuk guru dapat membagikan tautan berikut kepada siswa via grup WA. Klik kanan copy kemudian paste pada grup WA, 
kalau pakai HP dapat menekan layar HP pada tautan dengan waktu beberapa saat, kudian copas ke grup WA murid. T
atur pengumpulan tugas sesuai yang dikehendaki, atau tugas dapat di foto kirim japri kepada guru.
Cukup praktiskan?


Dengan cara membagikan link/tautan di atas guru tidak perlu mendownload tautan dan lebih praktis.
Untuk siswa silahkan unduh/download tautan di bawah ini dengan cara mengetuk tautan berikut. 



Sunday, August 2, 2020

Kelas 6 Tema 1 Sub Tema 3 Mupel IPS

Kelas 6 Tema 1 Sub Tema 3 Mupel IPS


Pembelajaran interaktif Kelas 6 Tema 1 Mupel IPS
Pembelajaran yang kami susun meliputi:

1. Video pembelajaran
2. Download Soal


Pembelajaran ini kami gunakan  untuk menghadapi wabah covid 19 yang belum terkendali. 
Kementerian Pendidikan Indonesia menyarankan pembelajaran dilakukan secara PJJ atau daring.

Pembelajaran ini dapat dilakukan dengan cara melihat video yang telah disematkan pada tautan.
Video dapat dipause atau diplay sesuai kebutuhan. 
Setelah melihat video tersebut, anak didik mengerjakan soal pada tautan yang telah disematkan. 
Jawaban ditulis di kertas kemudian dikumpulkan kepada guru sesuai kesepakatan.
Untuk guru dapat membagikan tautan berikut kepada siswa via grup WA. Klik kanan copy kemudian paste pada grup WA, 
kalau pakai HP daat menekan layar HP pada tautan dengan waktu beberapa saat.


Dengan cara membagikan link/tautan di atas guru tidak perlu mendownload tautan dan lebih praktis.
Untuk siswa silahkan unduh/download tautan di bawah ini dengan cara mengetuk tautan berikut. 


Tuesday, July 21, 2020

Kelas 6 Tema 1 Sub Tema 2 Mupel IPA dan Bahasa Indonesia

Kelas 6 Tema 1 Sub Tema 2 Mupel IPA dan Bahasa Indonesia


Pembelajaran interaktif Kelas 6 Tema 1 Mupel Bahasa Indonesia
Pembelajaran yang kami susun meliputi:

1. Power points
2. Video pembelajaran
3. Download Soal

Pembelajaran ini kami gunakan  untuk menghadapi wabah covid 19 yang belum terkendali. Kementerian Pendidikan Indonesia menyarankan pembelajaran dilakukan secara PJJ atau daring.

Berikut tautan yang bisa diberikan kepada siswa, dengan cara mengetuk tautan berikut. 





Saturday, July 18, 2020

Kelas 6 Tema 1 Sub Tema 2 Mupel PKN dan Bahasa Indonesia




Kelas 6 Tema 1 Sub Tema 2 Mupel PKN dan Bahasa Indonesia
Pembelajaran interaktif Kelas 6 Tema 1 Mupel Bahasa Indonesia
Pembelajaran yang kami susun meliputi:

1. Power points
2. Video pembelajaran
3. YouTube

Pembelajaran ini kami gunakan  untuk menghadapi wabah covid 19 yang belum terkendali. Kementerian Pendidikan Indonesia menyarankan pembelajaran dilakukan secara PJJ atau daring.

Berikut tautan yang bisa diberikan kepada siswa, dengan cara mengetuk tautan berikut.







Friday, July 17, 2020

Contoh Sk Panitia Penulisan Ijazah Madrasah Tahun 2020

Contoh Sk Panitia Penulisan Ijazah Madrasah Tahun 2020


Dalam menulis Ijazah Madrasah sebagai dokumen resmi dibutuhkan ketelitian serta kehati-hatian. Hal tersebut berafiliasi dengan data-data penting terkait siswa yang harus dituliskan dalam lembar blangko Ijazah.

Blangko Ijazah diisi oleh panitia yang ditetapkan oleh kepala satuan pendidikan madrasah. dalam penulisan blangko Ijazah, ditulis memakai tangan dengan baik, benar, jelas, rapi, gampang dibaca, dan higienis dengan memakai tinta warna hitam yang tidak gampang luntur dan tidak gampang dihapus. Jika terjadi kesalahan dalam penulisan blangko Ijazah dilarang dicoret, ditimpa, atau di tipe-ex dan harus diganti dengan blangko ijazah yang baru.

Untuk mendukung aktivitas penulisan Ijazah tersebut, dibutuhkan penunjukan panitia penulisan Ijazah oleh kepala madrasah kepada Guru atau tenaga kependidikan madrasah untuk melakukan kiprah tersebut.

Penunjukan Penulisan Ijazah Madrasah berbentuk Surat Keputusan (SK) Kepala Madrasah/ Kepala Sekolah perihal kiprah khusus sebagai panitia penulis Ijazah.

Contoh SK tersebut dapat di download pada link berikut.

Thursday, July 16, 2020

Pembelajaran interaktif Kelas 6 Tema 1 Mupel Bahasa Indonesia

Pembelajaran interaktif Kelas 6 Tema 1 Mupel Bahasa Indonesia
Pembelajaran yang kami susun meliputi:

1. Power points
2. Video pembelajaran
3. YouTube

Pembelajaran ini kami gunakan  untuk menghadapi wabah covid 19 yang belum terkendali. Kementerian Pendidikan Indonesia menyarankan pembelajaran dilakukan secara PJJ atau daring.

Berikut tautan yang bisa diberikan kepada siswa, dengan cara mengetuk tautan berikut.

Tuesday, July 14, 2020

Pembelajaran Kelas 6 Tema 1 Mupel IPS

Pembelajaran Kelas 6 Tema 1 Mupel IPS

Latar Belakang

Salah satu akun facebook orang tua siswa menceritakan kelakuan anaknya di rumah. Akhir-akhir ini, sang anak saban hari bercerita pengalamannya ketika masih aktif belajar di sekolah. Dalam hitungan hari bahkan per jam dalam sepekan si anak hafal di ‘luar kepala’. “Kalau sudah jam 10 kami istirahat rame-rame makan di kantin. Kalau hari rabu kami terakhir pulang karena pelajaran IPS jam terakhir,” penggalan ungkapan anak.

Selain itu berbagai pertanyaan dari para orang tua dan siswa menanyakan kapan kegiatan pembelajaran di sekolah kembali diaktifkan. Mereka menganggap bahwa belajar melalui tatap muka dengan guru di sekolah lebih ‘memuaskan’ dibanding belajar di rumah via daring (dalam jaringan) ataupun luring (luar jaringan).

Hal tersebut cukup beralasan bila menengok survey terakhir yang dilakukan oleh UNICEF. Hasil survey menyebutkan bahwa 66 persen dari 60 juta siswa di berbagai jenjang pendidikan di 34 provinsi di Indonesia mengaku tidak nyaman belajar di rumah selama pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease-2019). Dari jumlah tersebut 87 persen siswa ingin segera kembali belajar di sekolah. Bila sekolah dibuka kembali, 88 persen siswa bersedia mengenakan masker di sekolah dan 90 persen mengatakan pentingnya jarak fisik jika mereka melanjutkan pembelajaran di kelas. (Tribunnews, Rabu, 24 Juni 2020).

 

Gambaran di atas adalah bagian dari kerinduan para peserta didik untuk kembali  ke sekolah. Namun, untuk saat ini Belajar Dari Rumah (BDR) merupakan pilihan yang harus ditempuh karena realitas Pandemi Covid-19 melanda dunia sejak akhir tahun 2019. Belajar di kelas dibawa bimbingan guru dan berkumpul dengan teman sementara tak bisa dilakukan. Sekolah menjadi salah satu sarana berkumpul dan berkerumun. Dikhawatirkan virus merebak dapat membahayakan keselamatan siswa dan guru.

Penerapan BDR

BDR mulai diberlakukan sejak pertengahan Maret 2020, bertepatan ketika seluruh aktivitas masyarakat ‘terpaksa’ berhenti. Saat itu aktivitas ke kantor, ke pasar, ke sekolah, ke rumah ibadah dan ke tempat-tempat rekreasi dihentikan. Intinya tidak dibolehkan berkumpul dan berkerumun. Satu-satunya yang dilakukan adalah berdiam diri di rumah dengan keluarga inti dan membatasi komunikasi dengan orang lain. “Bekerja dari rumah, beribadah dari rumah dan belajar dari rumah,” imbau Presiden RI Joko Widodo, Maret lalu.

Hampir empat bulan berlalu, saat ini new normal di masa Darurat Covid-19 telah diberlakukan. Seiring pula tahun ajaran 2020/2021 hanya 6% daerah di Indonesia berada di zona hijau yang bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka. Selebihnya masih menerapkan BDR yang menjadi solusi. Pembelajaran di sekolah dipindahkan ke rumah. Sekolah diliburkan bukan berarti kegiatan pembelajaran diliburkan. Praktis aktivitas pembelajaran hanya dilakukan di rumah dengan menggunakan fasilitas IT secara daring (e-lerning) dari berbagai aplikasi yang tersedia atau via kurir (luring).

Aplikasi e-learning yang bisa diakses untuk kegiatan BDR seperti RuangGuru, Rumah Belajar, Google Classroom, Edmodo, Quipper, Zenius, KelasKita, Brainly, Pahamify, Bimbel SMARRT, WhatsApp, Massenger dan aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi tersebut menjadi wahana bagi siswa dan guru untuk proses pembelajaran daring menjalani pembatasan di masa Darurat Covid-19 saat ini.

Untuk itu kami menyusun materi pembelajaran secara online atau daring. Berikut salah satu contoh pemebelajaran di Kelas 6 Tema 1 Muatan Pelajaran IPS dengan materi ASEAN. Pembelajaran interaktif bisa dilihat pada tautan berikut.

PENGERTIAN, KEGUNAAN, DAN BENTUK JURNAL BELAJAR DAN DOWNLOAD JURNAL MENGAJAR DI ERA PANDEMI CORONA

Download Jurnal Mengajar di Era Pandemik Corona

A.   Latar Belakang

Di era pandemi corona ini kita perlu membuat jurnal mengajar guna mengetahui sejauh mana dan target yang kita laksanakan. Dengan adanya jurnal mengajar kita akan mudah menetapkan pelajaran apa yang kita ambil selanjutnya. Dalam bacaan ini dipaparkan pengertian, kegunaan, dan bentuk jurnal belajar.

Kompetensi dan indikator keberhasilan pembelajaran dari topik ini adalah guru dan guru pemandu dapat memahami dan menerapkan pengembangan jurnal belajar baik untuk peserta didik dan guru apabila disediakan dokumen kurikulum, SK-KD mata pelajaran serta BBM kompetensi pedagogik dan profesional sehingga dapat merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan melakukan kegiatan pengembangan jurnal belajar yang akan berdampak positif terhadap peningkatan mutu peserta didik, kompetensi guru dan mutu pendidikan.

 

B. Bahan Belajar

Program BERMUTU diarahkan kepada peningkatan hasil belajar peserta didik. Untuk mencapai peningkatan hasil belajar peserta didik, guru diminta menerapkan pembelajaran PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan). Salah satu yang belum banyak disinggung adalah pemanfaatan Jurnal Belajar (dokumen yang secara terus-menerus bertambah dan berkembang, sebagai rekaman terhadap perkembangan materi yang sedang dipelajari). Bahan Belajar Mandiri (BBM) yang disiapkan bagi guru di KKG dan MGMP belum ada tentang jurnal belajar. Pada hal jurnal belajar sangat bermanfaat untuk meningkatkan kebiasaan peserta didik dalam menulis. Selain itu, jurnal belajar bermanfaat untuk merefleksikan hasil belajar, menyusun suatu alur pikir secara tertulis, yang bagi guru dapat menjadi acuan dalam menilai berhasil tidaknya peserta didik mempelajari materi yang disampaikan.

Jurnal belajar diprediksi memberikan kontribusi positif dalam pengembangan disiplin akademik di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Pentingnya jurnal belajar sudah disadari oleh perguruan tinggi. Hanya saja, masalah-masalah klasik yang dihadapi seperti pendanaan, pengelolaan (manajemen penerbitan) serta sustainibilitasnya. Pengelolaan atau penggunaan jurnal belajar peserta didik pada pendidikan dasar menghadapi problematika tersendiri. Akan tetapi, jika diberdayakan dan dimanfaatkan dengan baik niscaya akan memberikan hasil yang luar biasa terutama dalam pembiasaan menulis secara efektif. Guru-guru di sekolah dasar dan sekolah menengah pertama harus berpengalaman dalam menggunakan jurnal belajar sebagai sarana dalam membelajarkan peserta didik.

Jurnal belajar menjadi penting dalam sudut pandang seperti tersebut di atas, maka semboyan ilmuwan-ilmuwan Amerika “Publish or Perish” (menulis atau lenyab) diharapkan dapat dijadikan pemicu agar para pendidik di negeri tercinta ini memiliki kesadaran untuk menulis. Penggunaan jurnal belajar diharapkan tidak bisa lepas dari membangun budaya, kebiasaan-kebiasaan menulis untuk mengisi secara terus-menerus khazanah keilmuan dalam bidang pembelajaran. Ironisnya kebiasaan membaca untuk memperkaya khazanah keilmuan pembelajaran (pendidikan) masih rendah di kalangan pendidik dan tenaga kependidikan kita. Tidak jarang guru di sekolah kita yang hanya mengajar dari ilmu yang didapat semasa kuliah (yang biasanya sudah kadaluarsa). Jika ditanya, mengapa tidak membaca sumber-sumber yang lebih up to date (terkini, mutakhir), guru tersebut menjawab tidak ada dana untuk membeli buku sumber atau bahasa Inggris tidak dikuasai atau berbagai alasan lain. Pada hal guru sebagai agen pembaharuan, dituntut untuk membaca artikel-artikel keilmuan bermutu , terampil mengakses sumber informasi lewat internet secara berkesinambungan serta mengkaji atau mengujinya untuk menjawab permasalahan-permasalahan pembelajaran di sekolah.

Lewat artikel-artikel pada Jurnal belajar yang akan diterbitkan ini sebagian permasalahan yang dihadapi guru tersebut dapat diatasi.

Bagi pendidik dan tenaga kependidikan, yang telah memiliki kecintaan dan kebiasaan menulis atau membaca, mereka tidak mungkin akan terus menerus dapat menulis tanpa membaca dan tanpa didukung dengan sarana-prasarana atau wadah yang tepat. Paling tidak, kepala sekolah dan pengawas sekolah menghargai karya tulis ilmiah, artikel atau buku yang mereka dihasilkan. Kebiasaan membaca, kecintaan menulis artikel adalah bagian dari pengembangan profesionalitas dan pengembangan intelektualitas yang sangat perlu ditumbuhkan dalam diri pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah kita. Membaca dan menulis bagi pendidik dan tenaga kependidikan dapat diilustrasikan sebagai aktivitas harian seperti halnya bernafas.

Jurnal belajar adalah wadah yang memuat hasil refleksi dalam bidang pembelajaran yang diperuntukan bagi peserta didik. Guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah dapat membacanya sebagai bahan masukan untuk melihat kemampuan peserta didik dalam bidang yang dipelajarinya. Peserta didik mengisinya dengan hasil bacaan, hasil diskusi, refleksi terhadap temuan dalam pembelajaran, hasil pengamatan, hasil abstraksi atau apa saja yang berkaitan dengan pembelajaran di sekolah. Bila perlu bukan hanya peserta didik yang mempunyai karya yang berkualitas dapat mengisinya. Akan tetapi kesempatan diberikan kepada semua peserta didik, walaupun menurut guru apa yang dituliskan peserta didik itu pada awalnya hanya cerita yang kelihatannya kurang bermakna bagi guru. Jurnal belajar tidak hanya berorientasi pada pengembangan kemampuan akademis semata akan tetapi diharapkan melalui kebiasaan menuliskan pengalaman belajar, peserta didik tersebut terbiasa mengekspresikan perasaan, pemikiran ataupun harapannya tentang pembelajaran yang diberikan guru. Jadi lebih dekat sebagai alat untuk komunikasi dan diseminasi informasi, temuan, pemikiran, hasil pengamatan tentang pembelajaran. Setiap peserta didik dapat mengisi jurnal belajar, meskipun belum mampu menulis dengan kriteria ilmiah. Isi dari Jurnal belajar tidak harus dalam bentuk artikel hasil penelitian, hasil telaahan yang memenuhi kriteria ilmiah. Akan tetapi dapat berupa kalimat-kalimat sederhana, entah itu penyelesaian soal mata pelajaran tertentu atau bahkan hanya ungkapan bahwa peserta didik itu senang belajar hari itu karena guru memberi kesempatan ke luar kelas untuk mengamati tanaman di sekitar sekolah pada pelajaran IPA.

Untuk menggunakan Jurnal Belajar dibutuhkan keberanian. Untuk memulai dan mendorong guru diperlukan inisiatif kepala sekolah atau dan pengawas sekolah. Kebersamaan di antara pendidik dan tenaga kependidikan yang menjadi anggota kelompok kerja masing-masing merupakan modal utama dan kunci untuk menerbitkan jurnal belajar. Pendekatan-pendekatan personal kepada anggota kelompok kerja diperkirakan akan mampu membangkitkan semangat untuk menerbitkan jurnal belajar. Kebersamaan dalam memecahkan masalah, diskusi dari hati ke hati, mengajak anggota kelompok kerja untuk merancang, membuat nama jurnal dan memilih pengelola dan menulis isi jurnal.


Kebiasaan menulis artikel di media masa atau menulis di jurnal ilmiah, menyusun karya tulis ilmiah oleh guru dan lain sebagainya dapat ditumbuhkembangkan melalui pembiasan peserta didik untuk mengisi jurnal belajar. Diperkirakan jurnal tersebut memberi sumbangan yang besar dan positif untuk membangun tradisi berpikir ilmiah dan menuliskannya dalam bentuk artikel di jurnal. Kehadiran jurnal belajar di pendidikan dasar diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan disiplin akademik para peserta didiknya. Oleh sebab itu pendidik dan tenaga kependidikan dalam kegiatan kelompok kerja KKG, MGMP, KKKS dan MKKS seyogianya mempelajari manfaat jurnal belajar dan memanfaatkan seoptimal mungkin. Kebiasaan menulis junal belajar sangat bermanfaat bagi peserta didik kelak di perguruan tinggi dalam menulis pada jurnal ilmiah sebagai wadah komunikasi hasil penelitian dan telaah ilmiah.

Jurnal belajar diharapkan menjadi wadah dalam pengembangan kualitas pendidikan, khususnya di bidang pembelajaran. Pendidik dan tenaga kependididkan diharapkan berpartisipasi untuk mengisi dan memperbarui materi keilmuan yang diajarkan dan cara-cara mengajarkannya. Bahkan guru pemula dapat menjadikan jurnal tersebut sebagai rujukan pemutakhiran metode pembelajaran dan materi yang diajarkan. Peserta didik yang berada di kota besar, sekarang ini sudah dengan mudah dapat mengakses pengetahuan melalui internet, yang kemungkinan membuat pendidik dan tenaga kependidikan semakin tertinggal, apabila gurunya hanya mengandalkan sumber belajar yang konvensional. Selain itu, meningkatkan minat baca dan menulis bukan hanya kewajiban bagi peserta didik, akan tetapi merupakan kewajiban bagi pendidik dan tenaga kependidikan. Proses pembelajaran di sekolah tidak akan dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kalau guru-gurunya tidak terbiasa membaca. Pendidik dan tenaga kependidikan tidak mungkin dapat menulis karya tulis ilmiah atau artikel populer yang baik tanpa banyak membaca. Menulis dan membaca adalah pintu gerbang utama mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tawaran menulis jurnal belajar sering menjadi beban bagi sebagian besar peserta didik. Belum dapat dijelaskan apakah hal ini terjadi karena banyaknya tenaga pengajar yang kurang mampu memotivasi peserta didik dan kurang memahami makna jurnal belajar atau kemungkinan sang guru sendiri belum pernah mengisi jurnal belajar. Meskipun gurunya sudah berkualifikasi S1 bahkan yang sudah S2 tidak ada jaminan bahwa mereka sudah terbiasa memanfaatkan jurnal belajar, tetapi kalau hal tersebut merupakan alasan, pada hal seharusnya pendidik membiasakan diri untuk memanfaatkan jurnal belajar. Pada umumnya guru masih belum tahu makna jurnal belajar dan tidak terbiasa memanfaatkan sebagai sarana pembelajaran yang efektif. Sebagian guru mengalami kesulitan membuat karya tulis ilmiah diperkirakan karena sejak dulu belum pernah mengisi jurnal belajar.

Jurnal belajar, sebagai istilah yang diterjemahkan dari learning journal yakni merupakan dokumen yang secara terus-menerus bertambah dan berkembang. Biasanya ditulis oleh pembelajar, sebagai rekaman terhadap perkembangan materi yang sedang dipelajari. Sebenarnya, bisa saja terdapat beberapa jurnal sesuai dengan mata pelajaran yang diikuti atau bahkan ada jurnal yang berkaitan dengan pekerjaan sehari-hari. Sekarang ini yang banyak berkembang adalah jurnal belajar secara online, di mana peserta dididk dapat melakukan dialog (seperti dalam bentuk forum), bahkan peserta dididik dari sekolah lain pun boleh ikut bergabung.

 Berikut contoh jurnal belajar, dapat diunduh pada tautan berikut.

DOWNLOAD DI SINI

DOWNLOAD KALDIK DAN KURIKULUM 2013 TAHUN PELAJARAN 2020/2021 DIMASA PANDEMI COVID 19 ATAU CORONA

DOWNLOAD KALDIK DAN KURIKULUM 2013 TAHUN PELAJARAN 2020/2021 DIMASA PANDEMI COVID 19 ATAU CORONA



Penyelenggaraan pendidikan sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional diharapkan dapat mewujudkan proses berkembangnya kualitas pribadi peserta didik sebagai generasi penerus bangsa di masa depan, yang diyakini akan menjadi faktor determinan bagi tumbuh kembangnya bangsa dan negara Indonesia sepanjang zaman.

Dari sekian banyak unsur sumber daya pendidikan, kurikulum merupakan salah satu unsur yang memberikan kontribusi yang signifikan untuk mewujudkan proses berkembangnya kualitas potensi peserta didik. Jadi tidak dapat disangkal lagi bahwa kurikulum yang dikembangkan dengan berbasis pada kompetensi sangat diperlukan sebagai instrumen untuk mengarahkan peserta didik menjadi: (1) manusia berkualitas yang mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah; dan (2) manusia terdidik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri; dan (3) warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

Kurikulum sebagaimana yang ditegaskan dalam Pasal 1 Ayat (19) Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Pengembangan Kurikulum 2013 merupakan langkah lanjutan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang telah dirintis pada tahun 2004 dan KTSP 2006 yang mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara terpadu.

Contoh Kurikulum dapat diunduh pada tautan di bawah ini


Saturday, July 11, 2020

Pembelajaran interaktif kelas 6 Tema 1 Sub tema 1 Selamat Makhluk Hidup

Pembelajaran Kelas 6 Tema 1
Pembelajaran interaktif kelas 6 Tema 1 Sub tema 1 Selamat Makhluk Hidup
Pembelajaran yang kami susun meliputi:

1. Power points
2. Video pembelajaran
3. YouTube
4. Google form

Pembelajaran ini kami gunakan  untuk menghadapi wabah covid 19 yang belum terkendali. Kementerian Pendidikan Indonesia menyarankan pembelajaran dilakukan secara PJJ atau daring.

Berikut tautan yang bisa diberikan kepada siswa, dengan cara mengetuk tautan berikut.



Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM)

Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) akan dicapai dalam kurun waktu empat tahun yang berkaitan dengan mutu lulusan yang ingin dicapai dan perbaikan komponen yang mendukung peningkatan mutu lulusan. RKJM merupakan rencana kerja pencapaian tujuan berdasarkan skala prioritas. Substansi rencana kerja tersebut diperoleh dari kesenjangan yang terjadi antara kondisi sekolah saat ini dengan kondisi ideal yang diharapkan. Indikator dari RKJM mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP). Rencana Jangka Menengah (RKJM) dapat disusun melalui tahapan. Sebagai gambaran RKJM dapat di unduh pada link berikut.

Pembelajaran interaktif kelas 5 Tema 4 Sub tema 1 Peredaran Darah

Pembelajaran interaktif kelas 5 Tema 4 Sub tema 1 Peredaran Darah

Pembelajaran yang kami susun meliputi:
1. Power points
2. Video pembelajaran
3. YouTube
4. Google form

Pembelajaran ini kami gunakan  untuk menghadapi wabah covid 19 yang belum terkendali. Kementerian Pendidikan Indonesia menyarankan pembelajaran dilakukan secara PJJ atau daring.

Berikut tautan yang bisa diberikan kepada siswa, dengan cara mengetuk tautan berikut.


SK TPMPS DAN PENGERTIAN TIM PENGEMBANG MUTU PROGRAM SEKOLAH


Tim Pengembang Sekolah/Madrasah adalah tim yang dibentuk oleh kepala sekolah dalam rangka penyusunan EDS guna kepentingan pengembangan sekolah. Susunan Tim Pengembang Sekolah/Madrasah dapat disesuaikan dengan 8 Standar Nasional Pendidikan. 

Tim Pengembang Sekolah/Madrasah adalah tim yang dibentuk oleh kepala sekolah dalam rangka penyusunan EDS guna kepentingan pengembangan sekolah. Tim Pengembang Sekolah/Madrasah dibentuk melalui musyawarah.

Dalam pembentukan Tim Pengembang Sekolah/Madrasah harus melibatkan berbagai unsur pendidikan yang terdiri dari pengawas sekolah, Komite Sekolah serta Guru dan Tenaga Kependidikan di sekolah tersebut.

Tim Pengembang Sekolah/Madrasah yang sudah tersusun selanjutnya dibuatkan surat keputusan (SK) kepala sekolah lengkap dengan uraian tugasnya. Contoh SK Tim Pengembang Sekolah/Madrasah dapat didownload pada link yang sudah disediakan berikut ini.

UNDUH DI SINI

Download Buku Kurtilas Terbaru untuk Kelas 6 Semester Genap SD/MI

Download Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 untuk Kelas 6 Semester 1 SD/MI, revisi 2018. Sebagian madrasah dan sekolah, pada tahun pelajaran 2018/2019 akan menjalankan Kurikulum 2013 (kurtilas) untuk siswa kelas 3 dan kelas 6. Karena itu, tentu dibutuhkan ketersediaan buku pegangan, baik untuk siswa (Buku Siswa) maupun guru (Buku Guru).

Penyediaan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 ini bisa berupa buku fisik (cetakan) maupun dalam bentuk file pdf. File buku tematik umum ini dapat dimanfaatkan oleh guru dalam mempersiapkan maupun melaksanakan pembelajaran. Bahkan untuk dicetak dan didistribukan kepada para siswa. Karena itu Ayo Madrasah menyediakan link download Buku Tematik Umum K13 Kelas 6 Semester 1 SD/MI, edisi terbaru yakni revisi 2018.

Madrasah Ibtidaiyah di naungan Kementerian Agama yang tahun ini akan menyelenggarakan Kurikulum 2013 untuk kelas 3 dan 6 adalah madrasah-madrasah yang tercantum dalam SK Dirjen Nomor 3932 Tahun 2016, SK Dirjen Nomor 481 Tahun 2015, dan SK Dirjen Nomor 5114 Tahun 2015.

Tentunya, Buku K13 Kelas 6 Semester 1 SD/MI Revisi 2018 akan sangat dibutuhkan oleh madrasah-madrasah tersebut.



1. Download Buku Kurtilas Terbaru untuk Kelas 6 SD/MI


Pada Tahun 2020 sekarang ini Pemerintah masih menggunakan Buku K13 Revisi Tahun 2018. Buku yang terbaru saat ini masih menggunakan tahun tersebut. Pada masa pandemi seperti sekarag ini soft copy buku sangatlah perlu digunakan anak untuk belajar dimana saja. selain praktis mudah dibawa kemana-mana dan tersimpan rapi di HP anak.

Adapun buku yang digunakan dalam kurikulum 13 semester Ganjil pada kelas 6 SD meliputi:

Sedagkan buku siswa dapat diunduh pada tautan berikut

Download Buku Kurtilas Terbaru untuk Kelas 6 semester Ganjil SD/MI

Download Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 untuk Kelas 6 Semester 1 SD/MI, revisi 2018. Sebagian madrasah dan sekolah, pada tahun pelajaran 2018/2019 akan menjalankan Kurikulum 2013 (kurtilas) untuk siswa kelas 3 dan kelas 6. Karena itu, tentu dibutuhkan ketersediaan buku pegangan, baik untuk siswa (Buku Siswa) maupun guru (Buku Guru).

Penyediaan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 ini bisa berupa buku fisik (cetakan) maupun dalam bentuk file pdf. File buku tematik umum ini dapat dimanfaatkan oleh guru dalam mempersiapkan maupun melaksanakan pembelajaran. Bahkan untuk dicetak dan didistribukan kepada para siswa. Karena itu Ayo Madrasah menyediakan link download Buku Tematik Umum K13 Kelas 6 Semester 1 SD/MI, edisi terbaru yakni revisi 2018.

Madrasah Ibtidaiyah di naungan Kementerian Agama yang tahun ini akan menyelenggarakan Kurikulum 2013 untuk kelas 3 dan 6 adalah madrasah-madrasah yang tercantum dalam SK Dirjen Nomor 3932 Tahun 2016, SK Dirjen Nomor 481 Tahun 2015, dan SK Dirjen Nomor 5114 Tahun 2015.

Tentunya, Buku K13 Kelas 6 Semester 1 SD/MI Revisi 2018 akan sangat dibutuhkan oleh madrasah-madrasah tersebut.



1. Download Buku Kurtilas Terbaru untuk Kelas 6 SD/MI


Pada Tahun 2020 sekarang ini Pemerintah masih menggunakan Buku K13 Revisi Tahun 2018. Buku yang terbaru saat ini masih menggunakan tahun tersebut. Pada masa pandemi seperti sekarag ini soft copy buku sangatlah perlu digunakan anak untuk belajar dimana saja. selain praktis mudah dibawa kemana-mana dan tersimpan rapi di HP anak.

Adapun buku yang digunakan dalam kurikulum 13 semester Ganjil pada kelas 6 SD meliputi:
  1. Selamatkan Makhluk Hidup
  2. Persatuan dalam Perbedaan
  3. Tokoh dan Penemuan
  4. Globalisasi
  5. Wirausaha
Kesemua tema pada Buku Kurtilas Kelas 6 Semester 1 SD/MI edisi revisi 2018 ini dapat diunduh secara gratis melalui tautan di bawah ini.

Friday, July 10, 2020

Download RPP 1 lembar PAUD, SD, SMP, SMA

Kurikulum 13 membuat administrasi guru bertambah banyak. Yang mengakibatkan guru disibukkan dengan administrasi yang beraneka ragam. Kementerian Pendidikan Indonesia membuat terobosan baru yaitu dengan penerapan RPP satu lembar. Program ini dilaksanakan dengan tujuan tidak memberatkan administrasi guru.
Dengan adanya RPP ini diharapkan guru lebih berinovasi untuk mengembangkan kreatifitas nya. Dan lebih menekankan untuk berkonsentrasi dalam pembelajaran di kelas. Untuk itu kementerian Pendidikan Indonesia menerbitkan salah satu contoh RPP satu lembar yang mencakup RPP SD, SMP, dan SMA sederajat. Berikut link download RPP SD, SMP, dan SMA.

Thursday, July 9, 2020

Pembelajaran kelas 3 tema 2

Pembelajaran kelas 3 tema 2

Pembelajaran yang kami susun meliputi:
1. Power points
2. Video pembelajaran
3. YouTube
4. Google form

Pembelajaran ini kami gunakan  untuk menghadapi wabah covid 19 yang belum terkendali. Kementerian Pendidikan Indonesia menyarankan pembelajaran dilakukan secara PJJ atau daring.

Berikut tautan yang bisa diberikan kepada siswa, dengan cara mengetuk tautan berikut.


Tuesday, July 7, 2020

Cara membersihkan kaca,baju terkena permen karet, memutihkan pakaian secara alami, mengusir tikus dan mengusir semut,

*HAL2 YG MUNGKIN TIDAK TAHU, TAPI PERLU TAHU*

``` Permasaalahan dgn semut:
       Semut benci timun. 
       TARUH kulit ketimun di dkt tempat2 yg ada semut atau di lubang semut.   

 🎆  Utk mengkilapkan kaca:
        "Bersihkan dgn Sprite"

  💨 Utk melepas permen karet dari baju:
        "Taruh bajunya di dlm freezer selama satu jam"

💭   Utk memutihkan baju:
        "Rendam baju putih di dalam air hangat bersama dgn seiris lemon selama 10 menit" 

  Utk menghasilkan rambut yg berkilau: 
        "Beri satu sendok teh cuka (vinegar) ke rambut kemudian cuci rambutnya"

 🍋  Utk mendapatkan Jus perasan se-banyak2nya dari lemon:
        "Rendam lemon di air hangat selama sejam kemudian baru diperas"

🍞  Utk menghindari bau Kol ketika memasak: 
       "Taruh sepotong roti di atas Kol di dlm wadahnya ketika memasak"

👕  Menghilangkan tinta dari baju:
       "Beri odol 🍥agak banyak di bagian bertinta dan biarkan sampai benar2 mengering, baru setelah itu dicuci"

 🐀  Utk menyingkirkan tikus: 
       "Tabur lada hitam di-tempat2 yg ada tikusnya. Mereka akan kabur"

🍸 Minum air putih sblm tidur..
       "Sekitar 90% dari serangan jantung terjadi di dini hari dan resiko ini dpt dikurangi dgn meminum satu atau dua gelas air putih sblm tidur di malam hari"

💐 Kita tahu air itu penting, tapi kita tdk pernah tahu ttg saat2 tertentu kita harus minum.. 

💦 Meminum air di-waktu2 yg tepat ⏰ memaksimalkan khasiatnya utk tubuh manusia :

      1⃣  1 gelas air putih ketika bangun tidur - 🕕⛅ membantu mengaktifkan organ2 dalam..
       2⃣  1 gelas air putih 30 menit  🕧 sblm makan - membantu pencernaan..
       3⃣ 1 gelas air putih sblm mandi 🚿 - membantu menurunkan tekanan darah.
       4⃣ 1 gelas air putih sblm tidur - 🕙 menghindarkan dari stroke dan serangan jantung.

🃏 Pepatah  mengatakan:
      'Ketika seseorang berbagi sesuatu yg bermanfaat dan kamu mendptkan manfaat dari itu, maka kamu punya obligasi moral utk membagi hal itu juga ke org lain.'

Monday, July 6, 2020

Langkah-langkah Meet Now di Microshoft Team


Langkah Meet Now di Microshoft Team
1.      Login Microshoft Team
2.      Pilih Calender

 


3.      Pilih Meet Now

 
4.      Kemudian beri nama judul meeting tersebut, kemudian Join

 
5.      Cara menambahkan anggota ketik pada kolom nama (invite some one) yang dimaksud

 
6.      Setelah diklik nanti akan ada panggilan masuk ke yang bersangkutan
7.      Langkah selanjutnya share materi atau upload materi

 
8.      Langkah selanjutnya pilih Browser, kemudian pilih upload in my computer

 
9.      Pilih File yang dimaksud kemudia open
1-  Cara unduh daftar hadir
 

11.  File dapat dilihat dari Dokumen Download dari komputer/PC anda
12.  Selamat mencoba semoga berhasil dan terimakasih