Thursday, April 25, 2024

TUGAS MODUL 1.2.a.3 Mulai Dari Diri

   Prilaku positif

Banyak prilaku positif yang saya alami dalam masa perjalanan saya ketika menempuh usia pendidikan

1)    Pengalaman positif yang saya alami mewakili SD untuk lomba Mata pelajaran, diundang untuk mengisi RRI di Surakarta.

2)    Pengalaman positif di SMP memiliki teman yang beraneka ragam sehingga kita dapat berintropeksi dan mensyukuri hidup

3)    Prilaku positif yang saya dapatkan waktu SMA ikut pertandingan sepak bola yang diperkirakan kalah malah menjadi juara. Sejak SMA saya mulai belajar berorganisasi, bahkan lanjut hingga perguruan tinggi sehingga saya sudah belajar melakukan manejemen dalam menyelenggarakan kegiatan ataupun menggerakkan organisasi

2.     Prilaku Negatif

Ada beberapa prilaku negatif yang saya alami diantarannya yaitu:

1.     Saya pernah merasa kecil hati, karena sebagian teman saya orang kaya, sedangkan saya dibesarkan dari keluarga sederhana. Namun, karena sekolah saya dipedesaan sebagian teman saya yang senasib juga banyak dengan adanya hal itu yang menjadikan kita semangat dalam belajar dan banyak bersyukur.

2.     Ketika masa SMP saya pernah dipalak oleh kelompok anak nakal, hal itu membuat saya khawatir kalau dilain hari dipalak lagi.

 

Jika dihitung dari selisih prilaku negatif dengan usia saat ini adalah

38-14 = 24 tahun yang lalu

Sedangkan selisih usia dalam prilaku positif adalah

38-17 = 21 Tahun yang lalu

Berdasarkan prilaku positif dan negatif yang sudah saya alami. Banyak hal yang saya pelajari, dan pengalaman tersebut menjadikan pembelajaran bagi saya. Pengalaman yang buruk dikubur jauh-jauh dan pengalaman yang baik dijadikan pijakan untuk masa depan sebagai motivasi saya.

Tugas 2Nilai dan peran guru penggerak menurut saya

  1. Dapat mengembangkan diri sendiri dan orang lain untuk berkembang ke hal yang positif
  2. Dapat menjadi pemimpin pembelajaran, manegemen sekolah dan pengembangan sekolah
  3. Dapat menggerakkan diri sendiri, sesama pendidik, lingkungan masyarakat untuk mewujutkan pembelajaran yang berpihak pada murid. (Tergerak, Bergerak, Menggerakkan)

 

No comments:

Post a Comment