Tugas
Modul 1.2. Jurnal Refleksi Dwimingguan
Perkenankan saya, Adfal Pradigdo, CGP Angkatan 10
dari SDN Gawan 1, Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen. IJinkan saya berbagi
pengalaman melalui jurnal dwi mingguan ini. Jurnal refleksi dwi mingguan ini
dibuat setiap dua minggu dan digunakan sebagai sarana refleksi CGP selama mempelajari
sebuah modul. Pemaparan jurnal kali ini, saya akan membagikan pengalaman saya
selama proses mempelajari modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak.
Dalam penulisan jurnal dwi mingguan ini, saya
menggunakan model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) yang dikembangkan oleh
Dr. Roger Greenaway.
Tidak terasa, saya telah menyelesaikan modul 1.1
tentang filosofi pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara pada 2 April 2024.
Dengan demikian, kegiatan pembelajaran CGP memasuki modul 1.2 tentang Nilai dan
Peran Guru Penggerak. Banyak pengalaman dan berharga yang saya dapatkan selama
mempelajari modul 1.2 ini.
Kegiatan pada modul 1.2 adalah dengan mengikuti:
- Eksplorasi Konsep - Forum
Diskusi
- Ruang Kolaborasi - vicon sesi 1
- Ruang Kolaborasi - vicon sesi 2
- Elaborasi Pemahaman – vicon
Sebagai ganti dari
kegiatan Daftar Hadir untuk setiap aktivitas.
Kemudian mengerjakan TUGAS MODUL 1.2.a.3
Mulai Dari Diri
Menuliskan Perilaku Prilaku
positif dan negatif yang selanjutnya kita publikasikan kedalam blog pribadi
saya tentang “SEPUTAR PENDIDIKAN” link untuk melihat tugas saya sebagai berikut
https://suwatuinfo.blogspot.com/2024/04/tugas-modul-12a3-mulai-dari-diri.html
Kegiatan
selanjutnya kita mengerjakan tugas 1.2.a.4. Eksplorasi Konsep - Modul 1.2
Kegiatan ini bertujuan:
- CGP mengetahui hubungan antara
emosi, cara kerja otak, kebutuhan dasar manusia, daya untuk memilih,
motivasi intrinsik, dan struktur sistemik lingkungan dalam pembentukan
nilai-nilai dalam diri seseorang
- CGP menjelaskan makna Profil
Pelajar Pancasila dalam transformasi pendidikan.
- CGP menjelaskan makna
nilai-nilai yang perlu dikembangkan guru penggerak.
- CGP menjelaskan makna peran
guru penggerak dalam transformasi pendidikan.
- CGP mengetahui bahwa keteladanan
dan sistem pembiasaan yang konsisten di suatu lingkungan mempengaruhi
penumbuhan nilai-nilai dalam diri seseorang.
- CGP mengelaborasi makna
pemimpin pembelajaran di sekolahnya masing-masing.
Tugas Selanjutnya 1.2.a.5. Ruang Kolaborasi
Modul 1.2 - Diskusi Mandiri kita dibagi menjadi 3 kelompok, yang tugasnya
berbeda-beda. Tugas setiap kelompok memprensentasikan, menanggapi dan bertanya.
Setelah selesai direfleksi oleh Fasilitator kita yaitu Ibu Lastri. SElanjutnya
mengupload tugas 1.2.a.5.2 yang sudah direvisi di LMS tugas kita simpan di link
https://drive.google.com/file/d/1PK6Ti0wRWeCkb0t7AjI5LSJOJBSbbMbF/view?usp=drive_link
1.2.a.6. Demonstrasi Konstektual - Modul 1.2
Kita kerjakan tepat waktu pada tanggal 24
April 2024 dengan mengupload link You Tube saya pribadi pada link
https://youtu.be/dp6BgYoM1mw?si=4RTC1VYLl6M1ZGTF
Pada hari selasa tanggal 23 April 2024 kita
melakukan tugas1.2.a.7.1. Elaborasi Pemahaman - Modul 1.2 pada Forum diskusi virtual bersama Instruktur
Bapak Suhada dari Jawa Barat
Kemudian
kita melakukan aksi nyata dan menuliskan kegiatan pada jurnal refleksi Dwimingguan
Demikian kegiatan saya pada modul 1.2 Mohon dukungan
do’anya semoga saya dapat menyelesaikan kegiatan ini sampai lulus. Terimakasaih
No comments:
Post a Comment