Thursday, July 2, 2020
Bagaimana Cara Menyusun Buku Ajar"
"Bagaimana Cara Menyusun Buku Ajar"
Apakah bapak ibu pernah mengalami:
Kekurangan waktu dalam penyampaian isi materi buku ajar.
Isi materi buku ajar tidak sama dengan kondisi di lingkungan kita.
Isi materi buku ajar terlalu luas atau kadangkala terlalu simpel, misalnya pada buku kurikulum 2013 yang terlalu simpel.
Buku ajar adalah buku yang memuat materi pelajaran yang disusun secara sistematis yang digunakan guru dan siswa dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan yang diharapkan.
Jenis-jenis buku ajar:
1.buku diktat: satu mata pelajaran, ditulis guru yang mengampu, gaya penulisan ilmiah, review pejabat yang berwenang, sumber rujukan.
2. Modul: jarang sekali digunakan di sekolah biasanya digunakan saat daring karena modul dipelajari siswa sendiri, digunakan untuk belajar mandiri, berisi materi untuk siswa belajar mandiri.
Mengapa kita perlu menulis buku ajar? Karena pemgembangan buku yang ada, pengembangan teknologi dan ilmu pengetahuan sesuai dengan keadaan kekinian, penyesuaian dengan kondisi lingkungan kita sendiri misalnya kita tinggal di daerah pesisir kita buat buku ajar tentang pegunungan, pengkhususan materi tertentu misalnya di sekolah ada materi khusus yang berbeda dengan kurikulum yang sudah.
Bagaimana memulai menulis buku ajar? Di sekolah ada guru yang bertugas merangkap TU, ada guru yang merangkap kepala sekolah. Kita di sekolah adalah teamwork. Kalau ingin sekolah guru tidak bisa diam saja. Oleh karena itu, kapan kita mulai dan perlukah kita menulis buku ajar? Jelas perlu. Rancanganenulis buku ajar: telaah kurikulum (KD/KI), menyusun silabus, rencana pembelajaran dalam satu semester, atau dua semester, pengemasan kembali informasi artinya buku utama di sekolah kita cari informasi KD apa yang digunakan informasi apa yang disampaikan kita bongkar lagi disesuaikan dengan kondisi sekolah kita, penataan informasi.
Menulis buku ajar sangat membantu siswa untuk belajar.
Proses penulisan: menulis dan mengetik informasi isi buku, menyiapkan ilustrasi atau gambar yang disesuaikan dengan materi (untuk jenjang KBTK dan SD ilustrasi atau gambar wajib ada), membuat materi uji coba latihan-latihan, tryout sebagai bentuk pemahaman siswa tentang isi materi buku, Daftar rujukan.
Bagian-bagian buku bahan ajar: judul materi per bab, KD, tujuan, memahami nilai-nilai karakter, materi, penugasan, latihan berisi uraian soal yang hots, kesimpulan.
Proses preview: review dilakukan oleh minimal pimpinan sekolah dan selanjutnya oleh penerbit, review memuat halaman cover, kata pengantar, daftar isi, isi materi, daftar pustaka.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment